Beranda | Artikel
Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah - Bagian ke-3 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)
Sabtu, 26 April 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nuzul Zikry

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

NB: Mohon maaf, sesi tanya-jawab tidak terekam.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-3)

Pada pertemuan kali ini, kita masih membahas tentang akhlak seorang muslim dalam rangka menjaga kehormatan saudaranya sesama muslim dari perbuatan ghibah. Akhlak mulia inilah yang diperintahkan dan dianjurkan oleh junjungan besar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya:

من ذب عن لحم أخيه بالمغيبة كان حقا على الله أن يعتقه من النار

“Barangsiapa yang membela kehormatan saudara ketika dia dibicarakan orang (dijelek-jelekkan ketika dia tidak ada), maka Allah akan bebaskan dia dari siksa api neraka.” (HR Ahmad)

Di antara faidah dari hadits ini adalah, kita harus katakan “TIDAK” kepada ghibah. Kita harus bungkam lisan kita, sehingga kita tidak membuka aib saudara kita. Kita juga harus tutup telinga kita dari mendengar kejelekkan dan aib saudara kita.

Apa saja bahaya dosa ghibah? Simak penjelasan selengkapnya, bersama Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, di dalam rekaman kajian ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-3)

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link pengajian agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6053-menjaga-kehormatan-orang-lain-dengan-menjauhi-dosa-ghibah-bagian-ke-3-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-lc/